Struktur Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

 Struktur Pasar

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya meliputi penjual dan pembeli dengan jumlah banyak. Dengan catatan, kedua pihak tersebut tak dapat mempengaruhi harga, sebab harga sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.



Penentuan harga sungguh-sungguh terjadi berdasarkan penawaran dari produsen serta permintaan dari konsumen.


beberapa perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:



Pasar persaingan sempurna saat ini cenderung sulit ditemukan di dunia nyata. Berbeda dengan situasi pasar persaingan tidak sempurna yang masih sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat.


Pelaku ekonomi jumlahnya lebih banyak dibandingkan pasar persaingan tidak sempurna.


Produk yang dijual sifatnya sama atau homogen. Sedangkan, untuk pasar persaingan tidak sempurna penjual menawarkan produk berbeda-beda atau heterogen.


Pasar persaingan tidak sempurna relatif sepi pembeli. Sedangkan pasar persaingan sempurna memiliki tingkat pembeli yang tinggi.


Pada pasar persaingan sempurna, perusahaan tidak mempengaruhi harga sebuah produk (price taker). Sementara dalam pasar persaingan tidak sempurna, perusahaan bisa mempengaruhi harga produk (price maker)

.
Ciri pasar persaigan sempurna :

Artikel Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Ciri, dan Contohnya
Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Ciri, dan Contohnya
11 Mar 2022
Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP





/asset/media/Feature/Article/image-stock/Pexels-Images/Random-Things/business-plan-1.jpg
Apa itu pasar persaingan sempurna? Berikut ciri, plus minus, dan contohnya.

Dilihat dari strukturnya, pasar dikategorikan ke dalam 2 jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Setiap jenis struktur pasar tentu memiliki ciri dan karakteristik tersendiri. Mulai dari jumlah penjual serta pembeli, hambatan masuk dan keluar, hingga tingkat pembeda produk.

Nah, pada kesempatan kali ini, OCBC akan membahas seputar pengertian, kelebihan dan kekurangan, hingga perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya meliputi penjual dan pembeli dengan jumlah banyak. Dengan catatan, kedua pihak tersebut tak dapat mempengaruhi harga, sebab harga sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.

Penentuan harga sungguh-sungguh terjadi berdasarkan penawaran dari produsen serta permintaan dari konsumen.

Di sisi lain, para pihak yang berada di pasar persaingan sempurna juga sama-sama sudah mengetahui situasi dan mempunyai informasi yang berhubungan dengan pasar, tanpa ada campur tangan pemerintah. Jenis pasar ini disebut juga sebagai jenis pasar paling ideal, sebab dianggap mampu dalam menjamin tercapainya efisiensi pasar.

Selain banyaknya jumlah penjual dan pembeli, produk yang dijual pada pasar jenis ini bersifat homogen. Menurut buku berjudul “Entrepreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung” tahun 2009 karya Eddy Soeryanto, pasar persaingan sempurna terjadi apabila jumlah perusahaan dalam sebuah industri adalah banyak namun skalanya kecil. Sehingga tak ada satupun perusahaan yang bisa mempengaruhi harga pasar.

Lain halnya dengan pasar persaingan tidak sempurna, yaitu sebuah bentuk pasar yang hanya meliputi sedikit penjual namun pembelinya banyak. Harga pada pasar tersebut ditentukan oleh penjual barang itu sendiri. Walaupun penjualnya sedikit, namun barang yang ditawarkan ada berbagai macam.

Perbedaan pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna
Setelah mengetahui pengertian pasar persaingan sempurna, Anda juga harus memahami beberapa perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:

Pasar persaingan sempurna saat ini cenderung sulit ditemukan di dunia nyata. Berbeda dengan situasi pasar persaingan tidak sempurna yang masih sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat.
Pelaku ekonomi jumlahnya lebih banyak dibandingkan pasar persaingan tidak sempurna.
Produk yang dijual sifatnya sama atau homogen. Sedangkan, untuk pasar persaingan tidak sempurna penjual menawarkan produk berbeda-beda atau heterogen.
Pasar persaingan tidak sempurna relatif sepi pembeli. Sedangkan pasar persaingan sempurna memiliki tingkat pembeli yang tinggi.
Pada pasar persaingan sempurna, perusahaan tidak mempengaruhi harga sebuah produk (price taker). Sementara dalam pasar persaingan tidak sempurna, perusahaan bisa mempengaruhi harga produk (price maker).

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
Hal berikutnya yang perlu Anda pahami adalah karakteristik pasar persaingan sempurna. Berikut beberapa diantaranya.

Banyaknya jumlah pembeli dan penjual
Meskipun jumlahnya banyak, penjual dan pembeli pada jenis pasar ini tidak bisa mempengaruhi harga. Penjual yang menawarkan barangnya di bawah harga pasar akan mengalami kerugian. Sedangkan, jika memasarkan di atas harga pasar, maka akan sulit juga untuk menemukan pembeli.

Barang atau jasa yang diperdagangkan sifatnya homogen
Seluruh produk yang dijual pada pasar ini akan terlihat identik. Seorang pembeli tidak bisa membedakan secara umum apakah barang tersebut diproduksi dan dijual oleh perusahaan A, perusahaan B, atau perusahaan C. Oleh sebab itu, promosi harus dilakukan secara ekstra karena tidak terlalu berpengaruh besar, yang terpenting adalah memperhatikan kualitas produk.

Faktor produksi bebas bergerak
Ciri selanjutnya adalah dari faktor produksi, seperti bahan baku atau tenaga kerja bebas bergerak. Mereka bebas berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya yang lebih menguntungkan. Tidak ada yang bisa menghalangi, baik itu dari peraturan maupun teknis.

Terdapat kebebasan dalam mengambil keputusan
Selain itu, harga barang atau jasa benar-benar ditentukan berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran di pasar. Sehingga, tidak ada kekuatan luar lain yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan oleh kedua pihak, termasuk pemerintah.

Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar
Pembeli dan penjual pada jenis pasar ini harus mengetahui kondisi pasar dengan baik. Untuk itu, informasi pasar penting dikumpulkan dengan lengkap, supaya persaingan benar-benar sempurna.

Produsen bebas keluar masuk pasar
Ciri terakhir yaitu produsen atau penjual memiliki kebebasan masuk atau keluar dari pasar. Perusahaan yang dapat memproduksi barang bisa masuk secara bebas ke dalam industri pasar terkait, tidak ada yang bisa menahannya. Setiap perusahaan juga memiliki kebebasan untuk keluar dari pasar jika dibutuhkan.
Ciri pasar persaingan sempurna:




 





Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Ciri, dan Contohnya



11 Mar 2022Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP



 



 



 



 



Link Copied





Apa itu pasar persaingan sempurna? Berikut ciri, plus minus, dan contohnya.



Dilihat dari strukturnya, pasar dikategorikan ke dalam 2 jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Setiap jenis struktur pasar tentu memiliki ciri dan karakteristik tersendiri. Mulai dari jumlah penjual serta pembeli, hambatan masuk dan keluar, hingga tingkat pembeda produk.



Nah, pada kesempatan kali ini, OCBC akan membahas seputar pengertian, kelebihan dan kekurangan, hingga perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!




Pengertian pasar persaingan sempurna



Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya meliputi penjual dan pembeli dengan jumlah banyak. Dengan catatan, kedua pihak tersebut tak dapat mempengaruhi harga, sebab harga sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.



Penentuan harga sungguh-sungguh terjadi berdasarkan penawaran dari produsen serta permintaan dari konsumen.



Di sisi lain, para pihak yang berada di pasar persaingan sempurna juga sama-sama sudah mengetahui situasi dan mempunyai informasi yang berhubungan dengan pasar, tanpa ada campur tangan pemerintah. Jenis pasar ini disebut juga sebagai jenis pasar paling ideal, sebab dianggap mampu dalam menjamin tercapainya efisiensi pasar.



Selain banyaknya jumlah penjual dan pembeli, produk yang dijual pada pasar jenis ini bersifat homogen. Menurut buku berjudul “Entrepreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung” tahun 2009 karya Eddy Soeryanto, pasar persaingan sempurna terjadi apabila jumlah perusahaan dalam sebuah industri adalah banyak namun skalanya kecil. Sehingga tak ada satupun perusahaan yang bisa mempengaruhi harga pasar.



Lain halnya dengan pasar persaingan tidak sempurna, yaitu sebuah bentuk pasar yang hanya meliputi sedikit penjual namun pembelinya banyak. Harga pada pasar tersebut ditentukan oleh penjual barang itu sendiri. Walaupun penjualnya sedikit, namun barang yang ditawarkan ada berbagai macam.




Perbedaan pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna



Setelah mengetahui pengertian pasar persaingan sempurna, Anda juga harus memahami beberapa perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:



Pasar persaingan sempurna saat ini cenderung sulit ditemukan di dunia nyata. Berbeda dengan situasi pasar persaingan tidak sempurna yang masih sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat.



Pelaku ekonomi jumlahnya lebih banyak dibandingkan pasar persaingan tidak sempurna.



Produk yang dijual sifatnya sama atau homogen. Sedangkan, untuk pasar persaingan tidak sempurna penjual menawarkan produk berbeda-beda atau heterogen.



Pasar persaingan tidak sempurna relatif sepi pembeli. Sedangkan pasar persaingan sempurna memiliki tingkat pembeli yang tinggi.



Pada pasar persaingan sempurna, perusahaan tidak mempengaruhi harga sebuah produk (price taker). Sementara dalam pasar persaingan tidak sempurna, perusahaan bisa mempengaruhi harga produk (price maker).




Ciri-ciri pasar persaingan sempurna



Hal berikutnya yang perlu Anda pahami adalah karakteristik pasar persaingan sempurna. Berikut beberapa diantaranya.



Banyaknya jumlah pembeli dan penjual


Meskipun jumlahnya banyak, penjual dan pembeli pada jenis pasar ini tidak bisa mempengaruhi harga. Penjual yang menawarkan barangnya di bawah harga pasar akan mengalami kerugian. Sedangkan, jika memasarkan di atas harga pasar, maka akan sulit juga untuk menemukan pembeli.



Barang atau jasa yang diperdagangkan sifatnya homogen


Seluruh produk yang dijual pada pasar ini akan terlihat identik. Seorang pembeli tidak bisa membedakan secara umum apakah barang tersebut diproduksi dan dijual oleh perusahaan A, perusahaan B, atau perusahaan C. Oleh sebab itu, promosi harus dilakukan secara ekstra karena tidak terlalu berpengaruh besar, yang terpenting adalah memperhatikan kualitas produk.



Faktor produksi bebas bergerak


Ciri selanjutnya adalah dari faktor produksi, seperti bahan baku atau tenaga kerja bebas bergerak. Mereka bebas berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya yang lebih menguntungkan. Tidak ada yang bisa menghalangi, baik itu dari peraturan maupun teknis.



Terdapat kebebasan dalam mengambil keputusan


Selain itu, harga barang atau jasa benar-benar ditentukan berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran di pasar. Sehingga, tidak ada kekuatan luar lain yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan oleh kedua pihak, termasuk pemerintah.



Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar


Pembeli dan penjual pada jenis pasar ini harus mengetahui kondisi pasar dengan baik. Untuk itu, informasi pasar penting dikumpulkan dengan lengkap, supaya persaingan benar-benar sempurna.



Produsen bebas keluar masuk pasar


Ciri terakhir yaitu produsen atau penjual memiliki kebebasan masuk atau keluar dari pasar. Perusahaan yang dapat memproduksi barang bisa masuk secara bebas ke dalam industri pasar terkait, tidak ada yang bisa menahannya. Setiap perusahaan juga memiliki kebebasan untuk keluar dari pasar jika dibutuhkan.


https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/11/pasar-persaingan-sempurna

https://www.untag-sby.ac.id/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Kardinal

Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Teori Perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Ordinal